Sejatinya produk rokok telah mendapat banyak hambatan dari
sisi periklanan dan pemasaran. Namun bila kita cermati iklan rokok merupakan
iklan yang paling kreatif dan cerdas dibandingkan iklan produk lain. Dalam
iklan rokok produsen tidak pernah sedikitpun menyuru atau mengingatkan konsumen
untuk membeli dan atau merokok. Iklan rokok berusaha menyentuh psikologi
konsumen. Iklan rokok menautkan produknya dengan sesuatu yang berbeda yang
mungkin kadang itu tidak terkait sama sekali dengan si rokok, tetapi justru
konsumen tahu produk yang ditawarkan adalah rokok dan dibenak konsumen berhasil
tercipta keterkaitan antara produk rokok dan isi iklannya. Berikut ini adalah
beberapa iklan rokok
- Rokok dan sepakbola
Tidak ada keterkaitan rokok dan olahraga,
bahkan kalau ditinjau dari sisi kesehatan hubunganya malah negatif. Disini
marketer rokok berhasil menyasar targetnya yaitu kaum pria yang suka nonton
bola. Dan tidak ada satu produk rokokpun yang menyatakan kata rokok disini.
Beberapa diantaranya.
2.
Rokok dan kesuksesan
Dengan tagline yang bagus dan iklan yang
mampilkan bagaimana bekerja keras hingga mencapai tujuan sehingga sukses, kaya
dan populer. Kembali tidak rokok yang ada hanya logo merek yang muncul di akhir
iklan. Targetnya disini adalah anak muda yang masih mencari jati diri.
3.
Rokok dan petualangan
Iklan yang ditampilkan cukup sensional
secara visual, saya yakin produsen rokok harus membayar biaya tinggi untuk
iklan seperti ini. Aroma petualangan dapat dirasakan setiap orang yang menonton
iklan ini.
4.
Rokok dan persahabatan
Semua pasti ingat dengan tagline “sempoerna
hijau, gak ada lo gak rame”. Iklan sempoerna hijau khususnya yang ditayangkan
beberapa tahun lalu benar-benar kreatif sehingga tak salah jika itu berhasil
memenangi panasonic award saat itu. Namun jika kita amati ini cukup berbahaya
bagi anak muda yang masih labil.
5.
Rokok dan kreativitas
Yang dimaksud disini adalah Djarum Black.
Siapa yang tak kenal Black innovation award. Sebuah penghargaan bagi insan
kreatif yang mampu mendesign produk yang berguna bagi masyarakat. Dan jika anda
tanya ke masyarakat tentang penghargaan produk inovasi pastinya akan muncul
nama Djarum black.
Iklan rokok jauh lebih kreatif dibanding
iklan anti rokok, sehingga wajarlah jika peminat rokok masih terus bertambah.
0 comments:
Post a Comment