Pada desain kemasan, tipografi merupakan media utama untuk
mengkomunikasikan nama, fungsi, dan fakta produk bagi konsumen luas. Pemilihan
tipografi, tata letak, dan penerapan huruf dan kata-kata mempengaruhi bagaimana
suatu hasil cetak dibaca. Dalam tipografi pada desain kemasan menjadi salah
satu elemen penting dari ekspresi visual produk.
Tipografi bersal dari bahasa Yunani typos (impresi) dan
graphein (menulis). Tipografi menggunakan bentuk huruf untuk mengkomunikasikan
secara visual suatu bahasa lisan. Oleh karena huruf dibentuk oleh budaya asal
huruf, penggunaan huruf, penggunaan huruf sebagai sarana tipografi adalah
bagian dari bahasa visual suatu budaya. Seperti yang dikatakan desiner huruf
Eric Gil, dalam An Essay on Typography, ia menyatakan, “Huruf adalah benda,
bukan penggambaran benda-benda.”
Bentuk tipografi bisa berupa huruf atau karakter individual,
kata-kata, bentuk-bentuk, atau simbol-simbol. Kemudahan untuk dibaca, mudah
dikenali, waktu bacaan (berapa lama waktu yang diperlukan seseorang untuk
membacanya), ukuran, bentuk, dan gaya, semuanya merupakan karakteristik
tipografi yang mempengaruhi komunikasi. Secara khusus, baik mekanika cara
pembacan (misalnya, dari kiri ke kanan dan sebaliknya) maupun persepsi
individual mempunyai pengaruh penting pada komunikasi tipografi.
1 comments:
Post a Comment