Tujuan desain kemasan dibatasi oleh latar belakang pemasaran
yang relevan dan tujuan strategis untuk sebuah merek. Idealnya tenaga pemasaran
atau produsen desain menyediakaninformasi dan poin-poin yang spesifik dan
detail untuk mengukur tujuan-tujuan yang hendak dicapai dalam desain kemasan
dengan tepat. Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan berikut menyediakan
informasi yang mendukung proses desain kemasan dan menyediakan kerangka kerja bagi penempatan produk di
pasaran:
· Di lingkungan mana produk akan bersaing?
· Pada harga berapa produk akan dijual?
· Berapa biaya produksinya?
· Berapa lama kerangka waktu dari saat pembutan desain sampai pemasaran?
· Apa metode distribusi yang direncanakan?
Penentuan posisi pada pangsa pasar menentukan penempatan
produk dalam lingkungan ritel yang kompetitif dan menyediakan dasar arah tujuan
desain. Tujuan desain kemasan menjadi lebih jelas pada saat parameter pemasaran
telah didefinisikan. Metode desain kemasan, atau bagaimana cara pengembangan. Ditentukan oleh apakah tujuannya adalah untuk
perkembangan produk baru, perluasa merek yang ada ke lini produk baru, atau
resposisis merek, produk, atau jasa.
Tanpa memperdulikan apakah desain kemasan itu untuk produk
baru atau produk yang yang sudah ada, tujuan utama mempromosikan penjualan
tercapai melalui komunikasi merek yang cepat dan jelas (jaminan merek) dan
jenis produk (atribut produk). Riset pemasaran mengklaim bahwa 80% dari seluruh
produk yang disentuh oleh konsumen dari rak akan dibeli. Kunci nya adalah
mengungguli ddan menerobos kerumunan visual dalam kompetisi ritel.
Poin-poin pokok:
·
Ketepatan ketegori
·
Penyesuaian
·
Pengalaman kosumen
·
Fungsi
·
Penempilan estetika
·
Daya tarik bagi konsumen
·
Inovasi
·
Hak milik merek
Satu contoh penyesuaian yang yang bagus adalah merek Jones
Soda. Jiwa merek ini terletak pada gambar yang terkesan pribadi dan
berbeda-beda untuk rasa yang berbeda. Dengan memperbolehkan konsumen untuk
mengirimkan foto apa saja milik mereka untuk digunakan sebagi label, desain
kemasan merek in secara actual mencerminkan individualitas produk ini dan
konsumenya. Pendekatan desain yang segar ini mendapat proyeksi kepribadian
merek yang unik dan sesuai dengan kehidupan para konsumen sehari-hari.
sumber: resource.rockyview.ab.ca |
Bentuk botol minuman POM Wonderful yang menarik, pertama
kali diperkenalkan dalam material gelas dan sekarang plastik, merupakan
satu contoh kasus struktur kemasan yang
tepat karena kemasan ini jelas menonjol dalam kategori minuman yang ketat.
Bentuk buah delima segera menyampaikan esensi merek berdasarkan material
dasarnya, delima (pomegranate).
Sumber: foffeeintheafternoon.wordpress |
Umunya tujuan desain kemasan adalah khusu ubtuk masing
masing-masing produk atau merek tertentu. Desain kemasan bisa diarahkan untuk:
·
Menampilkan atribut unik sebuah produk · Memperkuat penampilan estetika dan nilai produk
· Mempertahankan keseragaman dalam kesatuan merek produk
· Memperkuat perbedaan antara ragam produk dan lini produk
· Mengembangkan bentuk kemasan berbeda yang sesuai dengan kategori
·
Menggunakan material baru dan mengembangkan
struktur inovatif untuk mengurangi biaya, lebih ramah lingkungan, atau
meningkatkan fungsionalitas.
Idealnya suatu desain kemasan dievaluasi secara berkala
untuk memastikan bahwa desain tersebut masih sesuai dengan permintaan pasar
yang terus berubah. Meskipun sulit untuk
mengaplikasikan ukuran metric, kubik, atau ukuran kuantitatif lainya untuk grafik penjualan, mengumpulkan data dari
riset ke konsumen, dan melakukan analisis perbandingan. Sarana-sarana tersebut
membantu menentukan efektifitas suatu desain kemasan dalam memenuhi tujuan
pemasaran. Pada akhirnya, kesuksesan atau kegagalan finansial suatu produk
tidak hanya tergantung pada desai kemasannya. Banyak variabel yang mempengaruhi
perilaku konsumen.
Referensi:
Klimchuck, Marianne Rosner and Sandra A. Krasovec. 2007. Desain Kemasan Perancangan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan Jakarta: Erlangga
Klimchuck, Marianne Rosner and Sandra A. Krasovec. 2007. Desain Kemasan Perancangan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan Jakarta: Erlangga
0 comments:
Post a Comment