sumber gambar: www.inijie.com |
Seperti yang kita ketahui bersama di Indonesia kopi bubuk
instan kemasan adalah kopi yang paling banyak diminati dibandingkan produk kopi
lainya. Seperti kopi bubuk atau membeli segelas kopi di warung maupun kafe.
Menjadi kenikmatan tersendiri ketika menyedu, mengaduk dan menyeruput secangkir
kopi hangat yang dapat memberikan kesegaran tersendiri bagi penikmatnya.
Kopi langsung minum sebenarnya bukan merupakan produk baru
di dunia peminuman kopi tanah air. Ada beberapa produk yang tetap eksis di
pasar ini seperti nescafe dengan kemasan kaleng dan tetrapacknya. Selain itu
ada juga berbagai produk yang mencoba menarik perhatian konsumen seperti kopyes
dengan kemasan gelas plastiknya, birdy dengan kemsan kaleng dan tetrapacknya,
GoodDay dengan botol PETnya, dan lain sebagainya.
Kini muncul pula produk baru hasil perluasan merek kopiko
yang merupakan raja permen kopi dan cukup sukses dengan kopi bubuk instannya
Kopiko Brown, Kopiko Black dan Kopiko White. Produk itu tak lain adalah Kopiko
78°c
(seventy eight degree) Coffee Latte. Produk dari Mayora
Group ini mengambil kemasan botol PET 250ml.
Jika menyimak
tayangan iklan kopiko 78°c di televisi produk ini memang menyasar
kalangan menengah. Dalam iklanya kopiko 78°c menampilkan model asing, yang
diracik dengan konsep iklan yang dinamis namun tetap santai khas kaum muda
urban.
Kopiko 78°c yang mengenakan kemasan botol PET ini akan
menjadi pesaing langsung kopi GoodDay Mocacinno kemasan botol selain juga
menjadi lawan bagi nescafe kopi siap minum dengan kemasan yang berbeda. Saat
saya membeli kopiko 78°c, minuman ini dipajang tepat bersebelahan
dengan GoodDay botol dalam rak chiller. Harga sebotol kopiko 78°c adalah
Rp 5.700,00 di Indomaret gatsu Medan Juni 2013. Lebih mahal Rp 700,00 dari kopi
GoodDay Mocacinno di tempat yang sama. Tidak bisa dibilang murah memang dan
memang kopiko 78°c menyasar sebagai minuman kopi premium.
Yang unik dari kopiko 78°c adalah desain kemasanya, tentu saja
inilah adalah salah satu alasan saya mereviewnya. Botol PET dengan bagian bawah
berbentuk segilima dan bagian atas berbentuk agak oval mengingatkan kita akan
bentuk buah kopi. Dengan bagian tengan yang ramping, ini memuat botol tersebut
nyaman untuk digenggam tanpa mengurangi kemampuan berkomunikasi secara visual
saat digenggam.
Warna coklat dan putih pada kemasan kopiko 78°c membuat
kita merasakan efek kopi dengan campuran susu yang nyaman diminum. Citra es
dibagian panel display utama memberikan kesan kesegaran kopi susu yang tentunya
akan terasa nikmat dinikmati dalam kondisi dingin. Tipografi yang ditampilkan
dalam bahasa inggris memberikan kesan produk ini premium ditambah lingkaran dan shadow 78°c
berwarna emas semakin menguatkan kesan tersebut.
Kemasan 250ml kopiko 78°c menurut saya cukup mini apalagi
diawarkan dengan harga yang cukup premium di kelasnya. Namun tidak terlalu
buruk jika mengingat segmentasi pasarnya.
Lalu mampukah “perfect latte like never before” ini bersaingan di
pasar minuman kopi siap minum?
1 comments:
You did very good job. Quality content material is the important thing to invite the users to go to see the web page, that’s what this website is presenting.
catering prasmanan
catering prasmanan
catering prasmanan
Post a Comment