sumber: google |
Fast Moving Consumer
Goods (FMCG) secara bahasa diartikan produk konsumen yang bergerak cepat.
FMCG merupakan produk konsumsi yang memiliki perputaran bisnis yang cepat.
Produk FMCG memiliki kuantitas dan frekuensi penjualan yang besar.
Dari sudut pandang konsumen produk FMCG adalah produk yang memiliki
harga relatif murah, masa simpan yang pendek sehingga pembelian biasanya
dilakukan berulang (frequently).
Bagi produsen produk FMCG memiliki volume produksi yang
besar. Biaya produksi relatif kecil. Margin
keuntungan per item rendah namun dengan kuantias yang besar. Menjangkau wilayah
distribusi yang luas sehingga distribusi dilakukan via distributor.
Produk FMCG memiliki varian yang yang cukup banyak mulai
1. Makanan
dan cemilan
-
Sosis
-
Keripik kentang
-
Biscuit
-
Kecap, dll.
2. Produk
perawatan dan kosmetik
-
Sabun mandi
-
Pasta gigi
-
Bedak
-
Pisau cukur, dll.
3. Minuman
-
Teh botol
-
Cola
-
Susu cair
-
Kopi instan, dll
4. Obat-obatan,
5.
Home
Service
6. Alat
tulis dll
Adapun
perusahaan yang bergerak di FMCG Indonesia cukup banyak dan berkembang demikian
pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saya Unilever, P&G, SOSRO, Kalbe
Farma, Mayora, Wings.
0 comments:
Post a Comment