Friday, 30 May 2014

Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

sumber: google
Fast Moving Consumer Goods (FMCG) secara bahasa diartikan produk konsumen yang bergerak cepat. FMCG merupakan produk konsumsi yang memiliki perputaran bisnis yang cepat. Produk FMCG memiliki kuantitas dan frekuensi penjualan yang besar.
Dari sudut pandang konsumen produk FMCG adalah produk yang memiliki harga relatif murah, masa simpan yang pendek sehingga pembelian biasanya dilakukan berulang (frequently).
Bagi produsen produk FMCG memiliki volume produksi yang besar. Biaya produksi relatif  kecil. Margin keuntungan per item rendah namun dengan kuantias yang besar. Menjangkau wilayah distribusi yang luas sehingga distribusi dilakukan via distributor.
Produk FMCG memiliki varian yang yang cukup banyak mulai
1.      Makanan dan cemilan
-          Sosis
-          Keripik kentang
-          Biscuit
-          Kecap, dll.
2.      Produk perawatan dan kosmetik
-          Sabun mandi
-          Pasta gigi
-          Bedak
-          Pisau cukur, dll.
3.      Minuman
-          Teh botol
-          Cola
-          Susu cair
-          Kopi instan, dll
4.      Obat-obatan,
5.      Home Service
6.      Alat tulis dll

            Adapun perusahaan yang bergerak di FMCG Indonesia cukup banyak dan berkembang demikian pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saya Unilever, P&G, SOSRO, Kalbe Farma, Mayora, Wings.


0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com