Tuesday 25 June 2013

KOPIKO 78°c Coffee Latte



sumber gambar: www.inijie.com

Seperti yang kita ketahui bersama di Indonesia kopi bubuk instan kemasan adalah kopi yang paling banyak diminati dibandingkan produk kopi lainya. Seperti kopi bubuk atau membeli segelas kopi di warung maupun kafe. Menjadi kenikmatan tersendiri ketika menyedu, mengaduk dan menyeruput secangkir kopi hangat yang dapat memberikan kesegaran tersendiri bagi penikmatnya. 

Kopi langsung minum sebenarnya bukan merupakan produk baru di dunia peminuman kopi tanah air. Ada beberapa produk yang tetap eksis di pasar ini seperti nescafe dengan kemasan kaleng dan tetrapacknya. Selain itu ada juga berbagai produk yang mencoba menarik perhatian konsumen seperti kopyes dengan kemasan gelas plastiknya, birdy dengan kemsan kaleng dan tetrapacknya, GoodDay dengan botol PETnya, dan lain sebagainya.

Kini muncul pula produk baru hasil perluasan merek kopiko yang merupakan raja permen kopi dan cukup sukses dengan kopi bubuk instannya Kopiko Brown, Kopiko Black dan Kopiko White. Produk itu tak lain adalah Kopiko 78°c (seventy eight degree) Coffee Latte. Produk dari  Mayora Group ini mengambil kemasan botol PET 250ml.

Jika menyimak tayangan iklan kopiko 78°c di televisi produk ini memang menyasar kalangan menengah. Dalam iklanya kopiko 78°c menampilkan model asing, yang diracik dengan konsep iklan yang dinamis namun tetap santai khas kaum muda urban.

Kopiko 78°c yang mengenakan kemasan botol PET ini akan menjadi pesaing langsung kopi GoodDay Mocacinno kemasan botol selain juga menjadi lawan bagi nescafe kopi siap minum dengan kemasan yang berbeda. Saat saya membeli kopiko 78°c, minuman ini dipajang tepat bersebelahan dengan GoodDay botol dalam rak chiller. Harga sebotol kopiko 78°c adalah Rp 5.700,00 di Indomaret gatsu Medan Juni 2013. Lebih mahal Rp 700,00 dari kopi GoodDay Mocacinno di tempat yang sama. Tidak bisa dibilang murah memang dan memang kopiko 78°c menyasar sebagai minuman kopi premium.

Yang unik dari kopiko 78°c adalah desain kemasanya, tentu saja inilah adalah salah satu alasan saya mereviewnya. Botol PET dengan bagian bawah berbentuk segilima dan bagian atas berbentuk agak oval mengingatkan kita akan bentuk buah kopi. Dengan bagian tengan yang ramping, ini memuat botol tersebut nyaman untuk digenggam tanpa mengurangi kemampuan berkomunikasi secara visual saat digenggam.
Warna coklat dan putih pada kemasan kopiko 78°c membuat kita merasakan efek kopi dengan campuran susu yang nyaman diminum. Citra es dibagian panel display utama memberikan kesan kesegaran kopi susu yang tentunya akan terasa nikmat dinikmati dalam kondisi dingin. Tipografi yang ditampilkan dalam bahasa inggris memberikan kesan produk ini  premium ditambah lingkaran dan shadow 78°c berwarna emas semakin menguatkan kesan tersebut.

Kemasan 250ml kopiko 78°c menurut saya cukup mini apalagi diawarkan dengan harga yang cukup premium di kelasnya. Namun tidak terlalu buruk jika mengingat segmentasi pasarnya. 


Lalu mampukah “perfect latte like never before” ini bersaingan di pasar minuman kopi siap minum?

1 comments:

Felice Bault said...

You did very good job. Quality content material is the important thing to invite the users to go to see the web page, that’s what this website is presenting.
catering prasmanan
catering prasmanan
catering prasmanan

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com