Wednesday 19 June 2013

Kejayaan Ditantang oleh Kesederhanaan: Coca cola vs BIG Cola



Persaingan ketat antara 2 produk minuman cola sudah terjalin sejak lama. Namun beberapa tahun belakangan Coca-cola selalu mendominasi pasar minuman berkarbonasi ini. Jika kita perhatikan di depan toko-toko yang ada di kota-kota besar Chiller merah Coca cola cukup memeriahkan pemandangan.




Namun jika kita lihat belakangan ini di swalayan, toko dan kios-kios di Indonesia rak pajang minuman Cola semakin di jejali oleh produk yang berpusat di Spanyol yang mengambil nama Big Cola yang begitu mencuri perhatian di segmen minuman ini.


Bagaimanakah performansi dari keduanya dalam menembus persaingan rak swalayan.

Disini kita ambil Coca cola kemasan pet 425ml dan Big Cola kemasan pet 535ml.



Kesan semangat yang dicuatkan oleh dominasi warna merah kemasan Coca cola yang membungkus minuman berwarna hitam terang didalamnya. Huruf  Coca Cola yang mencerminkan identitas perusahaan memberikan kesan ramah dan menyenangkan. Tulisan Coca cola dengan pita putih dibawahnya memberikan kesan sederhana pada panel display utama.


Big Cola menampilkan kemasan yang lebih ramai, kata BIG yang dominan dengan kerning yang rapat. Ditampilkan dengan kesan 3 dimensi. Kata BIG putih ini juga membatasi warna dasar merah dan hitam memberikan kesan kontras pada tampilan panel display utama. Jika kita putar botol kemasan Big Cola ini akan tampil logo BPL, sebagai tanda bahwa Big adalah Official patner dari liga inggris. Tentu saja ini akan sangat menarik bagi penggemar liga inggris.


Desain Struktur kemasan pet Big dan Cola memperlihatkan kemiripan walau tak identik. Kemasan pet Coca cola terasa lebih kokoh saat digenggam sedangkan Big terasa lebih lunak. Coca cola mengambil bentuk alas dasar kemasan bintang bersudut 4 sedangkan Big memili bintang bersudut 5. Coca cola membuat bentuk ramping sebagi areal genggam tantang. Sedangkan Big bagian ramping terdapat pada panel display. Menurut saya ini adalah keunggulan kemasan pet coca cola dari Big. Karena ketika peminum menggenggam botol tersebut. Genggaman peminum Big akan menutupi panel displaynya, sedangkan pada Coca cola peminum dapat tetap melihatnya.

Namun selain daripada itu perlu diperhatikan juga faktor lain terutama harga. Dipasaran Coca cola dijual dengan harga lebih tinggi ketimbang Big yang dijual dengan harga 3000 rupiah saja.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com