Wednesday 19 June 2013

Tujuan dan Fungsi Desain Kemasan



Tujuan desain kemasan dibatasi oleh latar belakang pemasaran yang relevan dan tujuan strategis untuk sebuah merek. Idealnya tenaga pemasaran atau produsen desain menyediakaninformasi dan poin-poin yang spesifik dan detail untuk mengukur tujuan-tujuan yang hendak dicapai dalam desain kemasan dengan tepat. Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan berikut menyediakan informasi yang mendukung proses desain kemasan dan menyediakan  kerangka kerja bagi penempatan produk di pasaran:

·         Siapakah konsumenya?
·         Di lingkungan mana produk akan bersaing?
·         Pada harga berapa produk akan dijual? 
·         Berapa biaya produksinya? 
·         Berapa lama kerangka waktu dari saat pembutan desain sampai pemasaran?
·         Apa metode distribusi yang direncanakan?

Penentuan posisi pada pangsa pasar menentukan penempatan produk dalam lingkungan ritel yang kompetitif dan menyediakan dasar arah tujuan desain. Tujuan desain kemasan menjadi lebih jelas pada saat parameter pemasaran telah didefinisikan. Metode desain kemasan, atau bagaimana  cara pengembangan.  Ditentukan oleh apakah tujuannya adalah untuk perkembangan produk baru, perluasa merek yang ada ke lini produk baru, atau resposisis merek, produk, atau jasa.

Tanpa memperdulikan apakah desain kemasan itu untuk produk baru atau produk yang yang sudah ada, tujuan utama mempromosikan penjualan tercapai melalui komunikasi merek yang cepat dan jelas (jaminan merek) dan jenis produk (atribut produk). Riset pemasaran mengklaim bahwa 80% dari seluruh produk yang disentuh oleh konsumen dari rak akan dibeli. Kunci nya adalah mengungguli ddan menerobos kerumunan visual dalam kompetisi ritel.
Poin-poin pokok:
·         Ketepatan ketegori 
·         Penyesuaian
·         Pengalaman kosumen
·         Fungsi
·         Penempilan estetika
·         Daya tarik bagi konsumen
·         Inovasi
·         Hak milik merek

Satu contoh penyesuaian yang yang bagus adalah merek Jones Soda. Jiwa merek ini terletak pada gambar yang terkesan pribadi dan berbeda-beda untuk rasa yang berbeda. Dengan memperbolehkan konsumen untuk mengirimkan foto apa saja milik mereka untuk digunakan sebagi label, desain kemasan merek in secara actual mencerminkan individualitas produk ini dan konsumenya. Pendekatan desain yang segar ini mendapat proyeksi kepribadian merek yang unik dan sesuai dengan kehidupan para konsumen sehari-hari.

sumber: resource.rockyview.ab.ca
Bentuk botol minuman POM Wonderful yang menarik, pertama kali diperkenalkan dalam material gelas dan sekarang plastik, merupakan satu  contoh kasus struktur kemasan yang tepat karena kemasan ini jelas menonjol dalam kategori minuman yang ketat. Bentuk buah delima segera menyampaikan esensi merek berdasarkan material dasarnya, delima (pomegranate).

Sumber: foffeeintheafternoon.wordpress
Umunya tujuan desain kemasan adalah khusu ubtuk masing masing-masing produk atau merek tertentu. Desain kemasan bisa diarahkan untuk:
·         Menampilkan atribut unik sebuah produk 
·         Memperkuat penampilan estetika dan nilai produk 
·         Mempertahankan keseragaman dalam kesatuan merek produk
·         Memperkuat perbedaan antara ragam produk dan lini produk
·         Mengembangkan bentuk kemasan berbeda yang sesuai dengan kategori

·         Menggunakan material baru dan mengembangkan struktur inovatif untuk mengurangi biaya, lebih ramah lingkungan, atau meningkatkan fungsionalitas.
Idealnya suatu desain kemasan dievaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa desain tersebut masih sesuai dengan permintaan pasar yang terus berubah. Meskipun  sulit untuk mengaplikasikan ukuran metric, kubik, atau ukuran kuantitatif lainya untuk  grafik penjualan, mengumpulkan data dari riset ke konsumen, dan melakukan analisis perbandingan. Sarana-sarana tersebut membantu menentukan efektifitas suatu desain kemasan dalam memenuhi tujuan pemasaran. Pada akhirnya, kesuksesan atau kegagalan finansial suatu produk tidak hanya tergantung pada desai kemasannya. Banyak variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen.

Referensi:
Klimchuck, Marianne Rosner and Sandra A. Krasovec. 2007. Desain Kemasan Perancangan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan Jakarta: Erlangga

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com