Monday 1 June 2015

Duel Identik Biskuit Crakers, ASW vs Unibis


Ulasan kali ini saya buat setelah kunjungan saya ke salah satu pabrik biskuit di kota Medan dalam rangka kunjungan pabrik. PT Asia Sakti Wahid Food perusahaan biscuit yang memproduksi biskuit berupa biskuit, crakers dan wafer. 



Membahas tentang packaging pruduk ASW food fokusnya pada kemasan crakers. Setidaknya ada 2 jenis crakers yang diproduksi oleh ASW food yaitu cream crakers dan malkist crakers keduanya menggunakan tagname yang sama yaitu Hatari. Yang menarik adalah kemasan crakers Hatari sangat identik dengan crakers buatan Unibis yang lebih sering saya temui dipasaran. 

Kemasan craem crakers menggunakan warna dominan kuning sedangkan malkist crakers menggunakan warna dominan hijau. Keduanya tampil persis layout, warna, panel display, label. Lalu ada apa diantara keduanya hingga begitu mirip. Pihak ASW foods yang saya Tanya saat kunjungan pabrik hanya menyebutkan masalah desain kemasan itu bagian R and D yang menangani. Kalau dilihat dari tahun pendirian Unibis memang sudah berdiri lebih dulu dari ASW tepatnya tahun 1972 sedangkan ASW baru berdiri 10 tahun kemudian. Di pasaran pun lebih seiring kita menemui produk Unibis dibandingkan Hatarinya ASW. Apakah kemasan yang identik ini merupakan stategi dari ASW dalam memerobos pasar produk crakers.






Bagi saya defernsiasi sebuah produk itu penting dalam persaingan. Kedua produk crakers ini seolah tak memiliki perbedaan dengan bentuk, ukuran dan harga yang relatif persis. Saya kira Hatari harus membuat pembeda dan memberi nilai tambah lebih sehingga produknya mampu diterima lebih baik oleh konsumen.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com