Monday 1 June 2015

Tipografi dalam Desain Kemasan

Pada desain kemasan, tipografi merupakan media utama untuk mengkomunikasikan nama, fungsi, dan fakta produk bagi konsumen luas. Pemilihan tipografi, tata letak, dan penerapan huruf dan kata-kata mempengaruhi bagaimana suatu hasil cetak dibaca. Dalam tipografi pada desain kemasan menjadi salah satu elemen penting dari ekspresi visual produk.
Tipografi bersal dari bahasa Yunani typos (impresi) dan graphein (menulis). Tipografi menggunakan bentuk huruf untuk mengkomunikasikan secara visual suatu bahasa lisan. Oleh karena huruf dibentuk oleh budaya asal huruf, penggunaan huruf, penggunaan huruf sebagai sarana tipografi adalah bagian dari bahasa visual suatu budaya. Seperti yang dikatakan desiner huruf Eric Gil, dalam An Essay on Typography, ia menyatakan, “Huruf adalah benda, bukan penggambaran benda-benda.”

Bentuk tipografi bisa berupa huruf atau karakter individual, kata-kata, bentuk-bentuk, atau simbol-simbol. Kemudahan untuk dibaca, mudah dikenali, waktu bacaan (berapa lama waktu yang diperlukan seseorang untuk membacanya), ukuran, bentuk, dan gaya, semuanya merupakan karakteristik tipografi yang mempengaruhi komunikasi. Secara khusus, baik mekanika cara pembacan (misalnya, dari kiri ke kanan dan sebaliknya) maupun persepsi individual mempunyai pengaruh penting pada komunikasi tipografi.

1 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com