Persaingan Rak Ritel |
Pada desain kemasan, prinsip dasar desain disesuaikan agar
tujuan setiap tugas desain dapat terpenuhi. Panduan ini membantu mendefinisikan
bagaimana warna, tipografi, struktur serta citra diterapkan ke dalam suatu
layout desaib agar mencitakan kesan yang seimbang, intensif, proporsi, dan
penampilan yang tepat. Inilah yang membuat elemen-elemen desain mampu
berkomunikatif.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi desain kemasan dapat
menarik bagi konsumen. Begitu banyak penelian tentang bagaimana perilaku konsumen
dan analisi yang dilakukan terhadap faktor-faktor tersebut. Jika kita
mengesampingkan marketing mix (product, price, place, promotion) maka terdapat
elemen-elemen penting yang mampu menarik perhatian konsumen sehingga mampu
menerobos kerumunan visual dalam kompetisi rak ritel.
Penarik perhatian utama
- Warna
- Struktur (bentuk)
- Simbol
- Tipografi
Daya tarik elemen desain
Prinsip dasar desain + tujuan pemasaran yang jelas + penarik
perhatian utama yang efektif = Desain
kemasn yang baik
Desain
kemasan yang mampu memenuhi target pasar
- Sesuai dengan budaya setempat
- Tata bahasa yang tepat
- Logis secara visual
- Dirancang secara kompetitif
Panel Display Utama
Apapun struktur desain kemasan atau apapun material yang
dipakai, selalu terdapat tempat khusus yang digunakan untuk menampilkan
identitas merek dan elemen-elemen komunikasi utama. Area ini disebut dengan
panel display utama (primary display panel-PDP). PDP terdapat pada bagian depan
kemasan. PDP merupakan area yang penting dalam aspek komunikasi visual dan strategi
pemasaran.
Elemen-elemen yang terdapat dalam PDP meliputi
- Simbol merek
- Nama merek
- Nama produk
- Keterangan komposisi
- Berat bersih informasi nilai gizi
- Tanggal kadaluarsa, peringatan bahaya, aturan penggunaan, dosis, instruksi
- Ragam
- Barkode
Elemen yang diatur dengan desain meliputi
- Warna
- Citra
- Huruf
- Illustrasi
- Sarana grafis
- Foto
- Simbol
- Ikon
- Hirarki visual
PDP desain yang baik
- Mengkomunikasikan strategi pemsaran/merek dengan efektif
- Menyampaikan informasi produk dengan jelas
- Menekankan informasi hirarki dan mudah dibaca
- Menyarankan fungsi, penggunaan dan tujuan produk secara visual
- Menjelaskan penggunaan dan cara pemakaian secara efektif
- Membedakan produk dari produk lain sejenis
- Membedakan produk di rak display dengan ragam produk yang lain.
0 comments:
Post a Comment