Sunday 7 June 2015

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Desain Kemasan

Persaingan Rak Ritel
Pada desain kemasan, prinsip dasar desain disesuaikan agar tujuan setiap tugas desain dapat terpenuhi. Panduan ini membantu mendefinisikan bagaimana warna, tipografi, struktur serta citra diterapkan ke dalam suatu layout desaib agar mencitakan kesan yang seimbang, intensif, proporsi, dan penampilan yang tepat. Inilah yang membuat elemen-elemen desain mampu berkomunikatif.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi desain kemasan dapat menarik bagi konsumen. Begitu banyak penelian tentang bagaimana perilaku konsumen dan analisi yang dilakukan terhadap faktor-faktor tersebut. Jika kita mengesampingkan marketing mix (product, price, place, promotion) maka terdapat elemen-elemen penting yang mampu menarik perhatian konsumen sehingga mampu menerobos kerumunan visual dalam kompetisi rak ritel.
Penarik perhatian utama
  • Warna
  • Struktur (bentuk)
  • Simbol
  • Tipografi

Daya tarik elemen desain
Prinsip dasar desain + tujuan pemasaran yang jelas + penarik perhatian utama yang efektif  = Desain kemasn yang baik

                Desain kemasan yang mampu memenuhi target pasar
  • Sesuai dengan budaya setempat
  • Tata bahasa yang tepat
  • Logis secara visual
  • Dirancang secara kompetitif

Panel Display Utama
Apapun struktur desain kemasan atau apapun material yang dipakai, selalu terdapat tempat khusus yang digunakan untuk menampilkan identitas merek dan elemen-elemen komunikasi utama. Area ini disebut dengan panel display utama (primary display panel-PDP). PDP terdapat pada bagian depan kemasan. PDP merupakan area yang penting dalam aspek komunikasi visual dan strategi pemasaran.
Elemen-elemen yang terdapat dalam PDP meliputi
  • Simbol merek
  • Nama merek
  • Nama produk
  • Keterangan komposisi
  • Berat bersih informasi nilai gizi
  • Tanggal kadaluarsa, peringatan bahaya, aturan penggunaan, dosis, instruksi
  • Ragam
  • Barkode

Elemen yang diatur dengan desain meliputi
  • Warna
  • Citra
  • Huruf
  • Illustrasi
  • Sarana grafis
  • Foto
  • Simbol
  • Ikon
  • Hirarki visual

PDP desain yang baik
  • Mengkomunikasikan strategi pemsaran/merek dengan efektif
  • Menyampaikan informasi produk dengan jelas
  • Menekankan informasi hirarki dan mudah dibaca
  • Menyarankan fungsi, penggunaan dan tujuan produk secara visual
  • Menjelaskan penggunaan dan cara pemakaian secara efektif
  • Membedakan produk dari produk lain sejenis
  • Membedakan produk di rak display dengan ragam produk yang lain.


0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com