Thursday 4 June 2015

Rokok: Iklan yang Melampaui Batasan

Sejatinya produk rokok telah mendapat banyak hambatan dari sisi periklanan dan pemasaran. Namun bila kita cermati iklan rokok merupakan iklan yang paling kreatif dan cerdas dibandingkan iklan produk lain. Dalam iklan rokok produsen tidak pernah sedikitpun menyuru atau mengingatkan konsumen untuk membeli dan atau merokok. Iklan rokok berusaha menyentuh psikologi konsumen. Iklan rokok menautkan produknya dengan sesuatu yang berbeda yang mungkin kadang itu tidak terkait sama sekali dengan si rokok, tetapi justru konsumen tahu produk yang ditawarkan adalah rokok dan dibenak konsumen berhasil tercipta keterkaitan antara produk rokok dan isi iklannya. Berikut ini adalah beberapa iklan rokok
  1.   Rokok dan sepakbola


Tidak ada keterkaitan rokok dan olahraga, bahkan kalau ditinjau dari sisi kesehatan hubunganya malah negatif. Disini marketer rokok berhasil menyasar targetnya yaitu kaum pria yang suka nonton bola. Dan tidak ada satu produk rokokpun yang menyatakan kata rokok disini. Beberapa diantaranya.

2.       Rokok dan kesuksesan
Dengan tagline yang bagus dan iklan yang mampilkan bagaimana bekerja keras hingga mencapai tujuan sehingga sukses, kaya dan populer. Kembali tidak rokok yang ada hanya logo merek yang muncul di akhir iklan. Targetnya disini adalah anak muda yang masih mencari jati diri.

3.       Rokok dan petualangan
Iklan yang ditampilkan cukup sensional secara visual, saya yakin produsen rokok harus membayar biaya tinggi untuk iklan seperti ini. Aroma petualangan dapat dirasakan setiap orang yang menonton iklan ini.

4.       Rokok dan persahabatan
Semua pasti ingat dengan tagline “sempoerna hijau, gak ada lo gak rame”. Iklan sempoerna hijau khususnya yang ditayangkan beberapa tahun lalu benar-benar kreatif sehingga tak salah jika itu berhasil memenangi panasonic award saat itu. Namun jika kita amati ini cukup berbahaya bagi anak muda yang masih labil.

5.       Rokok dan kreativitas
Yang dimaksud disini adalah Djarum Black. Siapa yang tak kenal Black innovation award. Sebuah penghargaan bagi insan kreatif yang mampu mendesign produk yang berguna bagi masyarakat. Dan jika anda tanya ke masyarakat tentang penghargaan produk inovasi pastinya akan muncul nama Djarum black.


Iklan rokok jauh lebih kreatif dibanding iklan anti rokok, sehingga wajarlah jika peminat rokok masih terus bertambah.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com